Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur

Mengenal Wisata Tulungagung tak terhitung jumplahnya, apalagi mengulas tentang keindahan pantai pantai di sepanjang pesisir laut selatan. Setiap pantai memiliki keunikan juga dimensi yang berbeda beda. Salah satu tempat wisata bahari yang patut di jadikan referensi anda mengisi hari libur adalah pantai sine tulungagung jawa timur ini
pantai Sine tulungagung
Kenapa saya rekomendasikan Pantai Sine Tulungagung :
  1. Panti Sine yang berada di desa Kalibatur kecamatan Kalidawir memiliki panorama laut yang indah, serta di kelilingi perbukitan hijau.

  2. Jalan akses menuju pantai sine juga proporsional, dan bisa di tempuh dari berbagai arah dari kota Tulungagung maupun luar kota.

  3. Data statistik dari dinas Pariwisata kabupaten Tulungagung menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan yang berkunjung ke pantai Sine berada di bawah jumlah pengunjung Pantai Popoh Tulungagung Jawa Timur

  4. Masyarakat di sekitar pantai Sine sangat menjujung tradisi jawa, di hari hari tertentu anda bisa melihat kearifan budaya jawa yang di selenggarakan masyarakat di pesisir pantai Sine ini

Keindahan Pantai Sine Tulungagung
Ketika anda menginjakan kaki, pemandangan laut lepas terlihat indah dengan perahu nelayan tradisional yang bersandar di bibir Pantai Di samping pantai terdapat sebuah air terjun yang indah dan keadaan alamnya sangat sejuk. Keindahan Pantai Sine sangat cocok bagi anda yang suka fotografi, banyak spot pemandangan natural dengan background alam yang hijau, seperti pepohonan mangrove juga hutan pinus.
Melangkah lebih jauh anda akan mendapati bebatuan karang di tepi pantai yang bisa di gunakan sebagai tempat memancing . Dan terdapat pula sungai kecil yang membelah sisi pantai dan daratan. di sungai ini banyak ikan bandeng yang leluasa berkembang biak karena di dukung lingkungan yang alami.
Bagi anda yang hobi main di pantai, rasanya Pantai Sine bisa membuat anda senang. Air lautnya sangat bersih dan pasirnya begitu putih, sangat cocok untuk anda dan keluarga bersuka ria. Bisa untuk berenang ataupun sekedar joging di sepanjang bibir pantai. Tetapi harus tetap hati hati mengingat gelombang di pantai Sine sangat besar.
berenang di pantai Sine
Pantai Sine mirip Pantai Kuta di Bali
Banyak orang yang datang ke pantai Sine membanding bandingkanya dengan pantai kuta di bali. Memang tidak berlebihan hal ini, Jika di kembangkan dengan proporsional pasti hal itu bisa terwujud.
Di pantai Sine anda juga bisa menikmati sunrise setiap hari dengan jelas. Sama halnya dengan pemandangan sunrise di pantai kuta Malahan di Pantai Sine pemandanganya lebih bagus karena di sekitar lingkunganya masih alami dan terjaga keasrianya.
sunrise di pantai sine
Jika di kuta banyak wisatawan yang bermain selancar, sebenarnya di Pantai Sine hal itu bisa di lakukan. Karena tipe gelombang yang ada di pantai sine sangat besar dan tiupan anginya sangat kencang.
Jalan Akses Memadai dan Mudah di jangkau
Rute menuju pantai Sine sangat mudah di akses dari penjuru kabupaten tulungagung. Jika anda lewat kota tulungagung, alternatif menuju pantai sine ada beberapa jalur. pertama yang mudah di akses dari kota tulungagung adalah dari perempatan gragalan belok kiri terus ikuti jalur tersebut sampai kecamatan Kalidawir nanti ada denah pantai Sine tulungagung belok kiru dan lurus saja ikuti jalur yang ada.
Jalur kedua dari kota tulungagung melalui prapatan tamanan lurus saja, sampai lampu merah pasar campur darat belok kiri. jika sampai desa ngentrong ada pertigaan kalau lurus ke pantai Popoh, belok kiri menuju kecamatan tanggung gunung. ikuti jalur utama berupa perbukitan nanti anda akan sampai di Pantai Sine. Sebenarnya ada jalur alternatif lewat tanggung gunung ini tetapi jalannya sempit dan sebagian rusak. Jalur ini terlalu memutar dari kota tulungagung, tapi lebih dekat jika anda dari wilayah Trenggalek .
Kuliner dan Budaya masyarakat di Pantai Sine masih kental adat kejawenya
Masyarakat di sekitar pantai Sine terkenal sangat menjunjung nilai budaya adat jawa. Ketika awal bulan Suro para nelayan dan masyarakat sekitar melaksanakan Larung Sesaji ke laut sebagai ungkapan terima kasih kepada Tuhan atas melimpahnya hasil laut. Dan malamnya masyarakat akan melakukan bersih desa dengan menyelengarakan pementasan wayang kulit.
Konon jika hal itu tidak di lakukan, maka masyarakat di sekitar pantai Sine akan mendapat musibah atau berkurangnya hasil laut. Misteri pantai Sine tidak sebatas ini saja, ada mitos jika ada penampakan nyi roro kidul ketika malam bulan purnama. Sebuah mitos atau misteri pantai selatan yang masih berkembang di masyarakat.
Soal Kuliner yang ada di Pantai Sine lumayan menggugah selera anda, asap ikan laut ataupun cumi cumi bakar bisa mudah di dapat. Banyak kedai makanan juga minunan yang berjajar di pinggir Pantai.
Selain itu anda juga bisa membeli ikan langsung dari nelayan sekitar,yang masih segar dan terkenal lumayan murah dari pada beli di pasar.
Bagaimana anda tertarik mengunjungi Pantai Sine sekarang
pemandangan pantai Sine
Tidak perlu bingung soal tranportasi yang bisa digunakan untuk menuju pantai sine. Semua alat tranportasi darat bisa dengan mudah di gunakan. Jika dahulu jalan akses sangat sempit juga bergelombang. Sekarang semenjak bapak sahri mulyo menjabat bupati tulungagung. Jalan menuju pantai Sine di perlebar dan di perbaiki. Kemudian penambahan fasilitas kamar mandi /MCK. Tiket masuk pantai Sine juga relatif murah, pengunjung cukup membayar 10 ribu rupiah. Membuat wajah Pantai Sine di tahun 2016 makin membuat minat kunjungan wisatawan meningkat.
Berikut ini denah pantai Sine menurut aplikasi google map

Alternatif wisata lainnya di sekitar pantai Sine Tulungagung
  • Pantai Molang Tulungagung
  • Pantai Sanggar Tulungagung
  • Pantai Dlodo Tulungagung
  • Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
  • Cemara Sewu Tulungagung

Silahkan berkomentar yang membangun sebuah diskusi. ..
No SPAM No SARA

Click to comment
 
close