tips memilih sekolah lanjutan setelah smp

Memasuki akhir tahun pelajaran ini, anak anak sekolah di sibukan dengan berbagai persiapan menjelang Ujian Kenaikan Kelas maupun Ujian Nasional.
Berbagai program ekslusif yang menunjang peningkatan prestasi siswa di galakan oleh setiap sekolah.


Khusus untuk anak anak sekolah kelas VI, kelas IX lebih di sibukan lagi dengan mencari sekolah lanjutan yang tepat dan sesuai bakat masing masing anak.
Selain juga nilai kelulusan masing masing siswa menentukan pilihan selanjutnya.


Di wilayah kabupaten Tulungagung sendiri, hampir di setiap kecamatan memilih Sekolah Lanjutan berstandar Nasional.
Dan beberapa Sekolah favorit masuk daftar teratas dalam Nilai kelulusan tingkat provinsi maupun nasional.


Prestasi yang sebanding dengan sarana pendidikan yanr memadai, membuat para siswa bisa maksimal dalam menimba ilmu.
Serta program inovatif di setiap tahun yang terus di tingkatkan dari segi mutu ataupun kuantitasnya.





tips memilih sekolah
Kita semua pasti pernah merasakan dilematis memilih sekolah lanjutan seperti ini,
Dulu semasa duduk di bangku SMP, Saya bercita cita setelah lulus SMP kemudian melanjutkan sekolah favorit di Tulungagung yaitu SMUN 1 Boyolangu ataupun ke SMKN 1 Tulungagung.
Agar hasrat itu tercapai, saya membuat perencanaan dengan mengurangi dan bahkan menjelang pertengahan semester akir saya vakum dari ngeblog di Mywapblog.
Saya lebih fokus mencari materi UAS dari berbagai sumber akademis.
Ataupun mengikuti program yang di anjurkan oleh sekolah.


Dan alhamdulillah, hasilnya saya masuk peringkat 10 nilai kelulusan di SMPN 1 Bandung Tulungagung.
Hasil yang membuat saya semakin optimis bisa masuk ke SMUBOY Tulungagung, sesuai dengan cita cita yang selama ini saya impikan.


Ke esok harinya saya minta pendapat kepada ayah dan ibu, Tentang niat saya untuk melanjutkan sekolah ke SMA Boyolangu tersebut.
Tetapi jawaban yang keluar dari kedua orang tua saya sangat tidak sesuai harapan.
Meret tidak sanggup biayanya jika saya sekolah di SMA tersebut, melihat kondisi adik saya pada saat itu juga akan masuk SMP.


Sedangkan kedua orang tua saya hanyalah seorang petani biasa, mereka sangat keberatan dan menyarankan saya melanjutkan sekolah do SMUN 1 Pakel Tulungagung yang biayanya relatif terjangkau.


Akhirnya dengan berat hati saya daftar di SMAN 1 Pakel dan di terima menjadi murid.
Hari hari awal masuk sekolah sangat membosankan dan tidak ada semangat untuk belajar.
Akan tetapi seiring perkenalan dengan teman teman baru serta suasana sekolah yang nyaman.
Saya mulai sadar memilih sekolah juga harus dengan banyak pertimbangan termasuk orang tua, juga faktor ekonomi yang menentukan.



Dari pengalaman saya di atas, beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan sekolah lanjutan adalah komukasi antara anak dan orang tua yang harus terjalin lebih harmonis.
Agar kejadian seperti yang saya alami tidak terjadi pada anak anak yang lain.


Selanjutnya bakat anak yang perlu di lihat dengan jeli oleh orang tuanya.
jika anak tersebut punya sebuah keahlian tertentu bisa di arahkan ke Sekolah Menengah Kejuruan.
Dan di Tulungagung banyak SMK seperti SMKN 1 Boyolangu, STM Sore Tulungagung, SMKN 1 Bandung, dan lain lain.


Hal lain yang sangat krusial adalah masalah financial dalam keluarga, di era sekarang ini biaya pendidikan sangat mahal.
walaupun banyak sekolahan yang menyediakan jalur khusus bagi anak tidak mampu tapi kenyataan di hanya bisa mengurangi sekitar 25 % biar pendidikan.


Kredibilitas sekolah yang akan di tuju perlu di klarifikasi baik oleh orang tua.
karena usia anak yang memasuki masa puber sangat rentan dengan kenakalan remaja.
Jadi sebaiknya tidak memilih sekolah sekolah yang memiliki catatan buruk mengenai siswanya baik di dalam atau di luar lingkungan sekolah tersebut.




Di kesempatan ini saya juga ingin sedikit membuat gambaran tentang sma favorit di Tulungagung khususnya SMUN 1 Boyolangu.
Visi dan Misi sekolah ini untuk menciptakan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi luhur.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif agar setiap siswa bisa meraih prestasi optinal.


Beberapa fasilitas pendukung yang membuat SMUBOY menjadi SMA terbaik di tulungagung :


    Laboratorium IPA Laboratorium IPA ada 3 kelas, terletak berderet antara yang satu dan lainnya. Digunakan pada pelajaran Biologi, Fisika, dan Kimia. Peralatan untuk praktikum sangat lengkap, sangat mendukung dalam proses pengembangan siswa. Dan berstandar nasional dengan mengikuti kurikulum yang berlaku. Setiap siswa di wajibkan mengikuti program praktikum ini.
  1. Laboratorium Bahasa

    Dalam laboratorium bahasa ini, fasilitas praktikum sangat memadai.
    Beberapa alat penunjangnya berstandar internasional.
    Sehingga para siswa bisa maksimal dalam praktikum bahasa indonesia dan bahasa inggris.
    Selain itu lab ini juga di gunakan untuk tes Toefel.dan ruangan ber AC

  2. Laboratorium Multimedia

    Laboratorium multimedia merupakan sarana IT yang berfungsi untuk pendalaman Teknologi Multimedia.
    Saat melakukan praktikum setiap siswa memegang satu komputer satu orang, agar setiap siswa bisa mengembangkan diri dan bisa mengikuti perkembangan teknologi terbaru

  3. Sarana Olahraga

    Di sma ini terdapat lapangan sepak bola, lapangan basket dan lapangan volley.
    Serta ada program extra kurikuler dalam bidang olahraga.
    Beberapa team olahraga di bentuk untuk wadah para siswa

  4. Tempat Ibadah

    Tempat Ibadah dalam lingkungan sekolah bertujuan agar siswa juga para guru bisa lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa.
    Apalagi mayoritas siswa beragama muslim, jadi mereka tidak perlu ke luar lingkungan sekolah untuk menunaikan sholat lima waktu.

Sarana dan prasana di atas juga di dukung para guru yang profesional di bidangnya masing masing. Sehingga tidak heran jika sma ini menjadi favorit saya dulu dan sebagian besar masyarakat Tulungagung. .
Dan sebagai referensi salah satu sma unggulan di Tulungagung yang patut di perhitungkan peranannya dalam Dunia Pendidikan di Tulungagung adalah SMUN 1 Pakel. Sma yang secara resmi mengawali tahun ajaran baru di tahun 1992 mampu menerapkan kurikulum sesuai arahan dinas pendidikan ini juga banyak menelurkan alumnus berprestasi.
Beberapa fasilitas seperti ruangan laboratorium ipa, laboratorium bahasa, laboratorium multimedia juga ada. walaupun masih kalah dengan fasilitas laboratorium di smuboy tapi keuletan serta kerja keras pembina laboratorium hasilnya tidak begitu mengecewakan.
Fasilitas olahraga yang di miliki lapangan basket serta lapangan tenis. dan juga terdapat tempat ibadah nya. Selain itu untuk mengembangkan potensi siswa di smun 1 pakel di adakan program extra kurikuler seperti mading, pramuka, kesenian, dan lain laib.
Hal yang membuat ini jadi banyak alternatif bagi orang tua yang ingin anaknya mendapat pelajaran mumpuni dan biaya pendidikan relatif murah. Dan juga tempatnya jauh dari keramaian, jadi sisqa siswa bisa berkonsentrasi dengan baik.
Dari kesimpulan di atas sebenarnya perbedaan sma favorit dan sma unggulan hanya terletak pada fasilitas yang di miliki. jadi bagi anda yang ingin melanjutkan sekolah lanjutan setelah tamat smp buat anak anda atau kerabat bisa untuk referensi.
Dan buat anak anak smp kelas IX yang terpenting belajar dengan giat, soal nanti ingin melanjutkan ke sekolah favorit atau unggulan di fikir sambil mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. karena jika anda merencanakan lebih dulu dan akhirnya tidak sesuai kenyataan seperti hal yang saya alami.
Menuntut ilmu tidak perlu gengsi, karena keberhasilan akan datang dengan kerja keras. apapun keputusan itu tergantung pada diri kita.

Silahkan berkomentar yang membangun sebuah diskusi. ..
No SPAM No SARA

Click to comment
 
close