[ASURANSI] Rencana Sukses Menatap Masa Depan

program asuransi di indonesia

Asuransi..

itulah topik yang ingin saya bahas di kesempatan ini. Tentu anda semua sudah banyak yang paham dan mengerti tentang apa itu asuransi. Dalam bahasa ekonomi sebuah asuransi bisa di artikan sama dengan ganti rugi, di mana sebelumnya adanya klaim asuransi tersebut. kedua pihak melakukan perjanjian dan persyaratan yang akan di tanggung salah satu pihak bila terjadi sebuah kerugian atau sampai jatuh tempo yang di sepakati.

Kemudian tentu ada dari anda bertanya tanya Hukum asuransi dalam agama islam Perlu di sini saya luruskan bahwasanya asuransi tidak termasuk dalam kategori judi. Meski ada beberapa pihak umat islam beranggapan bahwasanya asuransi itu masuk dalam kategori riba dan judi. Padahal bila di lihat dari segi ekonomi kemasyarakatan, asuransi banyak memberi keuntungan financial bila terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan di kemudian hari.
Di sini saya tidak berani menyimpulkan haram / tidaknya menurut agama islam, tetapi saya hanya memberi pemahaman dan keuntungan ikut program asuransi. Dan kesimpulan tentang hukum asuransi ini kembali pada keyakinan anda sendiri.


Di dalam asuransi sendiri terdapat beberapa jenis asuransi berdasarkan kriteria fungsional seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi tenaga kerja, asuransi barang / jasa dan lain lainnya. Saya sendiri sudah mulai ikut dalam program "asuransi pendidikan prudential" yang saya peruntukan untuk anak saya Alvia Danis .

Anda sebagai orang tua tentu berharap anak anak anda mendapat jaminan pendidikan yang layak. Hal itulah yang membuat saya sebagai orang yang hanya tamatan sekolah dasar dan berprofesi sebagai petani, beranggapan dengan asuransi pendidikan untuk anak harus saya mulai dari sekarang, meskipun anak saya belum genal 3 tahun. Karena biaya pendidikan yang mahal dan hasil tani yang tidak bisa di prediksi itulah, saya takut alvia danis nantinya bisa bernasib sama seperti saya.

Jadi apakah alasan saya ikut program asuransi pendidikan itu sebuah perjudian. Bukanlah saya setiap 2 minggu sekali membayar iuran dengan uang hasil keringat saya sendiri. Dan seandainya nanti sudah jatuh tempo seperti kesepakatan saya dengan pihak prudential, bahwa saya akan klaikan asuransi tersebut ketika alvia danis mau masuk perguruan tinggi. Apakah menurut anda uang yang saya dapatkan dari klaim asuransi itu riba ?


Lepas dari pro kontra hukum asuransi berdasarkan agama islam, banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan dari program asuransi ini. Seperti yang saya lakukan dengan asuransi pendidikan anak saya di atas, saya nantinya tidak terlalu dipusingkan dengan biaya kuliahnya. Ataupun apabila anda punya profesi sebagai sopir ataupun karyawan swasta, untuk memberikan jaminan di kemudian hari. Asuransi bisa jadi alternatif masa depan anda dan segenap keluarga.

Karena dengan ikuti program asuransi, anda akan mendapat klaim asuransi apabila ada sesuatu hal yang merugikan diri anda. Coba bayangkan bila anda mengalami kecelakaan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) dan anda tidak ikut program asuransi. Bagaimana nasib keluarga anda, padahal anda sebagai tulang punggung keluarga tidak bisa bekerja lagi. Nasib itu berbeda jikalau anda ikut program asuransi, karena dengan nominal hasil klaim asuransi itu, anda masih bisa bernafas lega.

>> Baca Dilema Buruh Migran asal Tulungagung


Perlu juga anda ketahui, asuransi tidak hanya untuk kesehatan, pendidikan ataupun kecelakaan saja. Ada juga asuransi bangunan, kendaraan ataupun asuransi pembelian kendaraan. asuransi Pembelian Kendaraan atau lebih populer kredit kendaraan itu juga memakai prinsip dasar asuransi. Tetapi perbedaanya anda mengambil klaim asuransi terlebih dulu, kemudian secara berkala anda membayar iuran sesuai dengan kesepakatan awal.

Salah satu penyelenggara program asuransi pembelian kendaraan yang paling populer di sekitar saya adalah Asuransi Adira Finance Asuransi adira finance ini memungkinkan anda memiliki kendaraan baru dengan cara mencicil. Jadi asuransi semacam ini sangat menguntungkan bagi anda yang memiliki penghasilan pas pasan seperti saya ini.


Bagaimana apakah anda masih ragu ikut program asuransi seperti saya. Jika anda masih ragu itu hak anda, karena keyakinan anda adalah jawaban masa depan anda. Dan bila anda ingin bergabung dengan program asuransi khususnya untuk wilayah kabupaten tulungagung bisa menghubungi alamat di bawah ini :


PT. Adira Dinamika Multi Finance Cab. Tulungagung Alamat : JL. PanglimaSudirman 60-62 Tulungagung

PRUfamily - Tulungagung ( kantor prudential cab. Tulungagung Alamat : Ruko Sudirman Trade Centre Blok D5, Tulungagung

Asuransi Kesehatan Indonesia PT Persero Agen Asuransi cab. tulungagung Alamat: JL. Pahlawan, No. 1, Kedungwaru, Kedungwaru, 66224, Rejoagung, Kec. Tulungagung,


Dalam perkembangan ekonomi sekarang ini, ada saja orang yang memanfaatkan klaim asuransi untuk celah memperkaya diri dengan membuat rekayasa klaim. Sebuah rekayasa yang dibuat agar pihak penyedia asuransi melakukan klaim secara dini, di mana jumlah nominal klaim tersebut lebih besar dari iuran wajib. Cara cara inilah yang menurut saya itu haram hukumnya.

Atau banyak kasus asuransi di daerah saya karena asuransi ini menjadi tindak pidana kriminal. Contohnya saja seseorang membeli kendaraan baru dengan jasa program asuransi adira finance, selanjutnya orang itu karena sesuatu hal tidak membayar iuranya. kemudian pihak jasa asuransi memberi peringatan pada orang itu. Tetapi orang tersebut tidak pernah merespon dan akhirnya pihak adirapun mengambil paksa kendaraan orang itu. Disinilah kadang terjadinya tindak kriminal yang di lakukan oleh kedua belah pihak.


Jadi saya sarankan bagi anda yang ingin bergabung dengan program asuransi, sebaiknya ukur dulu kemampuan financial rata rata anda. Karena program asuransi mewajibkan anda membayar iuran secara continews dengan kisaran yang lama. Jangan sampai di tengah jalan anda berhenti dari program asuransi ini, karena anda akan mendapat pinalti yang merugikan anda sendiri.

Dan jika anda memutuskan berhenti di tengah jalan tanpa alasan yang tepat bisa saja pihak jasa asuransi memberikan blacklist atas nama anda. Alangkah baiknya anda mempersiapkan secara matang atas keikut sertaan di program asuransi. Jangan sampai karena keinginan membuat rencana yang cerah bersama asuransi berubah jadi dilema yang merugikan diri anda sendiri.

1 komentar:

avatar

Wah tertarik nih untukinvestasi, oia salam kenal, jangan lupa kunjung balik

Silahkan berkomentar yang membangun sebuah diskusi. ..
No SPAM No SARA

Click to comment
 
close