Mengenal Lebih Dekat Sejarah dan Eksotika Gunung Budeg Tulungagung

Mengenal Lebih Dekat Sejarah dan Eksotika Gunung Budeg Tulungagung

Gunung Budeg yang berada di wilayah kecamatan Boyolangu kabupaten tulungagung ini menjadi sebuah destinasi wisata baru sekaligus menempatkan kawasan di sekitarnya menjadi trek jalur pendakian yang paling populer di kabupaten tulungagung ini. Padahal jika di lihat dari segi geografis, sebenarnya Gunung Budeg ini berada di ketinggian 400 Mdl dan tidak masuk dalam kategori sebuah gunung.



Asal muasal gunung budeg sendiri menjadi sebuah cerita rakyat dengan berbagai versi. Ada beberapa cerita rakyat yang mengatakan bahwasanya gunung budeg berasal dari sebuah kisah seorang anak yang bernama joko budeg.yang di kutuk oleh ibunya nyi roro kembang sore menjadi sebuah batu besar

Sedangkan cerita lainnya mengatakan bahwasanya daerah ini dinamakan gunung budeg karena konon ada seorang anak yang di panggil panggil tapi tidak mendengar. Kemudian setelah meninggalkan daerah tersebut bisa kembali mendengar. Karena keanehan itulah orang tersebut menyebut daerah itu dengan gunung budeg atau dalam bahasa indonesia tidak mendengar (tuli)

Cerita lainnya yang berkembang tentang sejarah gunung budeg erat kaitannya dengan pantai popoh juga nyi roro kidul. menurut cerita ini ada seseorang yang mencari pesugihan di kawasan popoh, tetapi setelah berhasil mendapat tujuanya, orang tersebut malah mengingkari janji. Akhirnya nyi roro kidul menghukum orang tersebut di sekitar gunung budeg.

Mengenal Gunung Budeg tentu anda harus mengetahui bahwasanya di lereng gunung ini terdapat sebuah candi yang dinamakan candi tritis. Meski kondisinya sudah tidak utuh lagi, namun dari sisa sisa bangunan yang ada membuktikan bahwasanya di area gunung budeg ini sudah menjadi daya tarik sejak zaman hindu dulu.

bagaimana wajah gunung budeg sekarang


Gunung Budeg memang sudah sejak dulu menjadi sebuah trek jalur pendakian yang paling populer di tulungagung. Lokasi pendakian yang menantang adrenalin serta lingkungan yang masih hijau membuat para pendaki tertantang untuk melakukan pendakian ke puncak gunung budeg ini. Salah satu spot pendakian yang terkenal curam adalah tebing selendang.

Tebing terjal sepanjang 15 meter ini sangat menanjak dan di bawahnya jurang sedalam 500 meter. Perlu kewaspadaan dan perjuangan bagi para pendaki. Spot ini bukan satu satunya ujian sebelum ke puncak gunung budeg, masih banyak tantangan pendakian yang ada di sini




Keindahan Puncak Gunung Budeg Tulungagung

Soal keindahan puncak gunung budeg ini tidak usah di ragukan lagi. Dari atas puncak, terpapang pemandangan khas pedesaan yang hijau, dimana seperti wilayah tulungagung akan terlihat. Belum lagi pesona sunrise yang teramat indah untuk di dokumwntasikan.

Maka itulah banyak para pendaki setelah berada di puncak gunung budeg melakukan selebrasi untuk meluapkan kegembiraannya. Satu hal yang sering di lakukan mereka adalah mengibarkan bendera merah putih.



Di puncak gunung budeg ini banyak sekali yang bisa anda lakukan. Dari sekedar bersantai, anda bisa melihat kawasan hutan yang hijau. Jika beruntung anda bisa mendapati beberapa orang pecinta lingkungan hidup yang melakukan program penaman pohon.

Sekarang area di puncak gunung budeg ini sudah di fasilitasi dengan penerangan, air bersih juga wifi area. Jadi kalau anda ingin bermalam di sini sangat menyenangkan.

Baca juga Review Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur


Pengenalan Gunung Budeg Tulungagung untuk Konsep Wisata

Upaya pengenalan gunung budeg untuk menjadi tempat wisata sering di galakan. Selain dari berbagai kegiatan pendakian, pramuka dan penanaman pohon. Pada tanggal 20 April 2017 kemarin, gunung budeg ini di jadikan transit para peserta kan transit para turis mancanegara dalam program World Rainbow Gathering. Sebuah program pengenalan pariwisata tulungagung kepada dunia yang di pusatkan di pantai ngalur jengglong harjo, tanggung gunung, tulungagung.

Selain itu upaya lainnya untuk mengenalkan gunung budeg adalah sebuah tayangan televisi yang bertema "my trip my adventure episode gunung budeg" Sejak saat itulah gunung budeg banyak di datangi para wisatawan dari seluruh daerah sekitar tulungagung.

Itulah sedikit gambaran tentang gunung budeg Tulungagung yang bisa saya uraian. Sebenarnya tulisan ini hanya sedikit menggambarkan keindahan gunung budeg ini.

Silahkan berkomentar yang membangun sebuah diskusi. ..
No SPAM No SARA

Click to comment
 
close