Google Doodle : Sebuah Apresiasi Google untuk Peradapan Dunia


Apa itu Google Doodle?



Google Doodle adalah sebuah tampilan gambar unik (Logo) yang diletakkan di halaman beranda Google. Tentu anda sering kali melihat gambar unik yang berupa coretan menghiasi halaman Google search seperti ini.

Google Doodle merupakan apresiasi dan sebuah penghargaan Google untuk memperingati event event penting ataupun hari ulang tahun tokoh tokoh dunia. Jadi setiap harinya halaman Google Search tersebut selalu berganti gambar unik (Logo) sesuai dengan thema di hari itu.

Sedangkan Kata Doodle sendiri memiliki sebuah arti "menyenangkan, membuat terkejut atau perubahan spontan” . Oleh sebab itulah kehadiran Google Doodle bisa menyajikan sesuatu yang bersifat, spontan, namun unik dan mampu menghibur para penggunanya .


Apakah kejutan Google Doodle hari ini

Seperti penjelasan di atas "Google Doodle bersifat Kejutan yang Unik" jadi public tidak bisa menebak gambar unik di Google Doodle hari ini. Tetapi public bisa berpartisipasi memilih Tokoh, Event, ataupun Peristiwa penting yang nantinya akan dimuat dalam Google Doodle. Untuk caranya anda bisa mengirimkan email ke [email protected]

Baca juga : Kepedulian Exabytes untuk Kemajuan Telekomunikasi Kerakyat

Sejak pertama kali di rilis 30 agustus 1998 sudah lebih dari 3000 event yang di muat dalam Google Doodle ini. Dan sebagai apresiasi Google terhadap bangsa indonesia, pada tanggal 17 agustus kemarin. Google Doodle membuat sebuah gambar unik yang bertemakan Indonesia Independence Day 2017 Dan di halaman Google Doodle tersebut juga terdapat kalimat seperti ini:

17 Agustus 2017 Today we celebrate Indonesia’s Independence Day, known locally as Hari Kemerdekaan.





In the country’s capital of Jakarta and other large cities throughout the archipelago, this historically significant day is celebrated with elaborate parades including marching bands and floats festooned with Indonesia’s red-and-white flag. Flag-raising ceremonies also dominate the day, while performers sing the national anthem of Indonesia. Friends and families bond over activities like sack racing and climbing palm trees (panjat pinang) and show their culinary chops in cooking competitions featuring dishes from a myriad of cultures.

Using whimsical figures and rich colors and patterns, today’s Doodle by guest artist Aditya Pratama encapsulates the spirit of “unity in diversity” (Bhinneka Tunggal Ika) the national motto of Indonesia (derived from a 14th-century Javanese poem) that defines the joy of this landmark day.


Google Doodle Hari ini

Sebagai sebuah apresiasi dan penghargaan untuk event event penting dunia serta mengenang jasa para tokoh dunia ini, Google Doodle mengajak pengguna internet seluruh dunia menghargai sebuah warisan budaya, sejarah, ilmu pengetahuan dan lain lain. Berikut ini beberapa tokoh serta event yang berkesempatan di muat dalam halaman Google Search :

Samuel Johnson : Penulis Kamus Bahasa Inggris pertama kali





Di tanggal 18 September 2017 kemarin, Halaman Google Search di hiasi dengan foto tokoh legendaris berkebangsaan inggris raya yang bernama "Samuel Johnson" . Di ulang tahun yang ke 308 ini, Google Doodle memberi sebuah penghargaan kepada tokoh yang pertama kali menulis sebuah kamus bahasa inggris secara komprehensif di tahun 1750an

Johnson, lahir tahun 1709, menghabiskan sembilan tahun mengerjakan Kamus Bahasa Inggris , yang diterbitkan pada 15 April 1755. Tetap menjadi kamus bahasa Inggris definitif sampai Kamus Inggris Oxford selesai pada tahun 1928.

Dan ada banyak fenomena yang terdapat dalam buku karya Samuel Johnson yang berjudul A Dictionary of the English Language, Sebagai sebuah buku rujukan (Kamus) banyak sekali di temukan sebuah kalimat yang lucu, sindiran juga beberapa kontroversi.

Berikut ini 10 Fakta Menarik Tentang Dr Samuel Johnson



1. Tinggal lama

Samuel Johnson lahir pada tanggal 18 September 1709 dan tinggal sampai 13 Desember 1784 - umur yang agak panjang untuk usia dan dia hidup di sebagian besar Era Georgia.

2. Salah satu Kamus Bahasa Inggris Terbaik

Karena ketidakpuasan umum dengan Kamus Bahasa Inggris of the Day, sebuah konsorsium penerbit London mendekati Johnson untuk menulis kamus baru. Dia setuju tapi butuh sembilan tahun dan dia kebanyakan melakukan pekerjaan sendirian. Hal ini secara luas dianggap sebagai salah satu kamus terbaik yang pernah diterbitkan sampai publikasi 173 tahun Kamus Bahasa Inggris Oxford pertama.

3. Debitur

Samuel Johnson sering kali terbelit utang piutang dan dirinya seringkali di tangkap karena tidak bisa melunasi.

4. Dia Punya penyakit Sindrom Tourette

Sikap dan isyarat anehnya membingungkan beberapa orang pada pertemuan pertama dia. Biografi Johnson, mendokumentasikan perilaku dan tingkah lakunya yang aneh dengan sangat rinci sehingga mereka telah menginformasikan diagnosis anumerta sindrom Tourette, sebuah kondisi yang tidak didefinisikan atau didiagnosis pada abad ke-18.

5. Tidak menyelesaikan gelar Oxford-nya

Johnson menghadiri Pembroke College di Oxford namun tidak mampu menyelesaikan gelar sarjana karena ketidakmampuannya untuk membayar uang kuliah. Dia terpaksa meninggalkan sekolah dan beberapa buku berharga, karena dia terlalu miskin untuk mengantarkan mereka ke rumah. Akhirnya, tepat sebelum penerbitan kamusnya, ia menerima gelar Master of Arts dari Oxford. Dia akhirnya dianugerahi gelar Doktor Kehormatan pada tahun 1765.

6. Menikah dengan istri teman dekat

Johnson berteman baik dengan seorang pria bernama Harry Porter, yang akhirnya meninggal karena penyakit parah. Dia menjadi dekat dengan istri Porter, Elizabeth dan dia mulai pacaran dengannya. Hal ini menyebabkan banyak kontroversi saat berusia 46 tahun dengan tiga anak dan dia baru berusia 25 tahun, yang menyebabkan skandal keluarga.

7. Boswell
Pada tanggal 16 Mei 1763, Johnson pertama kali bertemu James Boswell berusia 22 tahun - yang kemudian menjadi penulis biografi utama Johnson - di toko buku teman Johnson, Tom Davies. Mereka dengan cepat menjadi teman, meski Boswell akan kembali ke rumahnya di Skotlandia atau bepergian ke luar negeri selama berbulan-bulan pada suatu waktu. Ini akan menjadi persahabatan yang akan bertahan seumur hidup Johnson. Kepada Boswell bahwa Johnson mengucapkan ungkapan paling terkenalnya "Seorang pria yang bosan dengan London, sudah bosan dengan kehidupan ..."

8. Bertemu raja
Pada bulan Februari 1767, Johnson diberi audiensi khusus dengan Raja George III. Ini terjadi di perpustakaan rumah Ratu, dan ini diselenggarakan oleh Barnard, pustakawan King. Sang Raja, setelah mendengar bahwa Johnson akan mengunjungi perpustakaan tersebut, memerintahkan Barnard untuk mengenalkannya pada Johnson. Setelah pertemuan singkat, Johnson sangat terkesan dengan sang Raja sendiri dan dengan percakapan mereka.

9. Francis Barber
Untuk membantu tugas rumah tangga di tahun-tahun berikutnya, Johnson menyewa pelayan budak Jamaika gratis bernama Francis Barber. Dia melayani Johnson dari 1752 sampai kematian Johnson pada tahun 1784. Johnson menjadikannya pewaris residualnya, dengan £ 70 per tahun untuk diberikan kepadanya oleh Pengawas, mengungkapkan keinginan bahwa dia pindah dari London ke Lichfield di Staffordshire, kota asalnya Johnson. Setelah kematian Johnson pada tahun 1784, Barber melakukan ini, membuka toko pembakar dan menikahi wanita setempat. Tukang cukur juga meninggalkan buku dan kertas Johnson, dan sebuah jam tangan emas. Di tahun-tahun berikutnya dia bertindak sebagai asisten Johnson dalam merevisi Kamus terkenal dan karya lainnya.

10. Patriotisme
Meskipun dia pada umumnya tidak memiliki politik, dia memiliki kata-kata yang kuat tentang Amerika dan pemberontakannya dan konsep patriotisme, yang terkenal dengan mengatakan bahwa "Patriotisme adalah tempat perlindungan terakhir dari seorang bajingan." Johnson juga berpendapat bahwa dalam beremigrasi ke Amerika, kolonis telah "secara sukarela mengundurkan diri dari kekuatan pemungutan suara ", namun mereka masih memiliki" representasi virtual "di Parlemen. Dalam sebuah parodi dari Deklarasi Hak, Johnson menyarankan agar Amerika tidak memiliki hak untuk memerintah mereka sendiri daripada orang-orang Cornish. Jika Amerika ingin berpartisipasi di Parlemen, kata Johnson, mereka bisa pindah ke Inggris dan membeli sebuah perkebunan. Johnson mengecam pendukung Inggris separatis Amerika sebagai "pengkhianat negara ini", dan berharap bahwa masalah tersebut akan diselesaikan tanpa pertumpahan darah, namun dia merasa yakin bahwa ini akan berakhir dengan "keunggulan bahasa Inggris dan ketaatan Amerika". Jadi, ada beberapa hal yang akhirnya dia salahkan!


Amalia Hernandez: Penari Balet Wanita yang spektakuler membawa budaya Meksiko ke panggung dunia





Pada tanggal 19 September 2017 ini, Google Doodle memberi apresiasi terhadap koreografer yang berperan dalam mempopulerkan tradisi musikal yang bangga dengan tanah airnya untuk menghimbur penonton internasional.

Hernandez lahir di Mexico City, putri politisi kaya Lamberto Hernandez dan Ava Navarro. Ibunya senantiasa mendorong semangat Amalia untuk berkarya di bidang seni sejak usia dini, bahkan orang tuanya tersebut membangun studio rumahnya untuk tempatnya berlatih.

Amalia bergabung dengan Sekolah Tari Nasional Meksiko pada usia 17 tahun, kemudian selang tidak lama dia memutuskan untuk menikah. Menyadari bahwa dia tidak dapat membiarkan panggilan jiwa seninya tenggelam setelah berkeluarga, Amalia segera melanjutkan karirnya di Institut Seni Rupa Seni, mengajarkan koreografi modern.

Pada tahun 1952, dia menciptakan karya fenomenal yang menjadikan namanya terkenal dengan sebuah pertunjukkan yang diberi nama Ballet Folklorico De Mexico. Sebuah pertunjukan yang membawa tradisi musik klasik Meksiko ke khalayak dunia. Pertunjukan fenomenal tersebut sampai sekarang masih berjalan tour berkeliling dunia. Dan konon telah dilakukan lebih dari 15.000 kali, termasuk satu kalinya di pertunjukkan kepada Presiden AS John F. Kennedy.



Siapa Pengisi Google Doodle Selanjutnya

Seperti yang saya utarakan di atas, anda bisa ikut serta dalam program apresiasi Google Doodle ini. Dan apakah tokoh tokoh yang berasal dari tanah air kita berkesempatan menjadi figuran Google Doodle berikutnya.

Atau mungkin ada Tokoh Legendaris yang berasal dari Tulungagung yang akan di muat di halaman Google Doodle Selanjutnya. Jika itu terjadi menjadi kebanggan sendiri bagi seluruh warga masyarakat tulungagung.

Silahkan berkomentar yang membangun sebuah diskusi. ..
No SPAM No SARA

Click to comment
 
close