Bagaimana Cara Berhenti Merokok yang Ampuh




Anda mencari jawaban "Bagaimana Cara Berhenti Merokok Yang Ampuh" Barangkali anda sebelum ini sudah pernah membaca artikel artikel tentang cara berhenti merokok yang banyak bertebaran di google. Dan apakah dari jawaban yang sudah anda baca tersebut, ketika anda praktekkan benar benar berdampak bisa menghentikan kecanduan rokok anda?

Dulu saya juga seperti Anda, seorang pecandu rokok berat, yang mana setiap saya beraktivitas tidak bisa lepas dari rokok. Meski sudah berulang kali orangtua / istri saya mengingatkan tentang bahaya rokok untuk kesehatan tersebut, namun tidak pernah saya gubris.


Suatu kebetulan, pada pertengahan bulan juli kemarin, secara tidak sengaja saya menemukan sebuah artikel yang berisi bahaya merokok untuk kesehatan. Dimana di dalam artikel tersebut di jelaskan bahwasanya di dalam bahan dasar rokok yang berupa daun tembakau itu mengandung suatu senyawa psikoaktif (zat yang dapat-mempengaruhi mental, emosi, dan tingkah laku orang yang memakainya) yang disebut nikotin.


Tahukah anda berapa kandungan Nikotin dalam satu batang rokok ?



Kadar nikotin dalam tembakau berkisar antara 1% – 4%. Jadi, dalam satu batang rokok terdapat sekitar 1,1 mg nikotin. Jadi kalau sehari anda menghabiskan 20 batang rokok, tinggal anda kalikan saja 20 x 1,1 mg dan hasilnya sehari itu saja anda memasukan nikotin senilai 22 mg ke dalam organ tubuh anda.

Selain mengandung nikotin, ternyata rokok tembakau juga mengandung zat-zat organik lain dan berbagai bahan tambahan (zat aditif ). Pada saat anda menghisap rokok, selain nikotin terdapat pula hasil pembakaran yang berupa karbondioksida (CO 2 ),karbonmonoksida (CO),PAH, tar, dinitrogen oksida (N 2 O), amonia, dan berbagai zat lain. Jumlah zat-zat itu tidak kurang dari 4000 macam senyawa. Sebagian besar nikotin terbakar ketika rokok dibakar, tetapi sekitar 0,25 mg nikotin per batang rokok sampai ke paru-paru.


Dan satu hal kenapa anda harus berhenti merokok karena sangat merugikan orang orang di sekeliling anda. Meskipun orang orang tersebut bukan penikmat rokok, seperti ibarat pepatah orang jawa " ora mangan nongko tapi kenek pulut'e " Ketika anda merokok sudah pasti asapnya akan menyebar di sekitar anda berada. Dan tingkat resiko yang di hasilkan asap rokok tembakau tersebut sama seperti orang yang memakainya.





Oleh sebab itulah saya mulai sadar untuk berhenti merokok demi untuk kesehatan saya sendiri juga untuk melindungi keluarga saya tetap sehat. Apalagi saya memiliki seorang balita, tidak mungkin saya mempertahankan kebiasaan merokok ini.


Dan perlu anda ketahui Efek negatif dari beberapa zat kimia yang berasal dari rokok adalah sebagai berikut :

1. Karbon monoksida (CO), merupakan gas yang sangat beracun, mudah terikat pada hemoglobin, sehingga mengurangi kemampuan darah mengikat oksigen. Hal itu akan mengakibatkan jantung bekerja lebih keras. Keracunan karbon monoksida dapat menyebabkan kematian.

2. PAH, merupakan zat penyebab kanker.

3. Tar dan resin, suatu cairan kental berwarna kuning-cokelat. Tar dan resin juga dapat mengiritasi sistem pernapasan, sehingga menjadi sulit bernapas. Keduanya dapat menumpuk dan mengganggu kerja paru- paru. Sekitar 30 jenis senyawa yang terdapat dalam tar diduga dapat menyebabkan kanker.

4. Nikotin, zat bersifat racun dan dapat menyebabkan adiksi ( ketergantungan ). Nikotin merupakan stimulan susunan saraf pusat. Dosis fatal nikotin pada manusia adalah 60 mg.




Nah dari paparan di atas itulah, semakin menguatkan niat saya untuk berhenti merokok secara permanen. Mulai hari itu saya mengumpulkan beberapa metode cara berhenti merokok yang banyak di tulis kawan kawan blogger. Kalau tidak salah memasuki bulan agustus, saya mencoba salah satu tips berhenti merokok dengan cepat.

Anda tahu tidak bagaimana reaksi tubuh saya ini,saat mencoba berhenti merokok secara instan dalam jangka waktu seminggu saja. Saya mengalami sebuah tekanan berat, selalu gelisah dan tidak bisa fokus dalam setiap aktivitas. Akhirnya saya melambaikan tangan, menyerah di hari ketiga.

Kemudian akhirnya saya menemukan sebuah metode berhenti merokok yang ampuh tanpa membuat saya tersiksa dan tentunya metode ini berhasil membuat saya berhenti merokok secara permanen. Puji syukur kepada Alloh swt, keluarga kecil saya dan para penulis artikel berhenti merokok yang telah memberi inspirasi untuk saya lebih mencintai kesehatan ini.


Dan berikut ini bagaimana cara berhenti merokok yang ampuh bisa membuat pecandu rokok bisa berhenti merokok secara total dan tentu tidak membuat tersiksa.



1. Niat

Mengapa niat itu penting bagi orang yang ingin berhenti merokok..?

Apapun paksakan / anjuran berhenti merokok tidak akan membuat seorang pecandu rokok bisa melepaskan kebiasaanya tanpa ada niat dari dalam dirinya sendiri.

Dan niat untuk berhenti merokok itu bisa timbul karena kesadaran dan bukan dari paksaan..!

Seperti pengalaman pribadi saya sendiri, niat untuk berhenti merokok itu lahir secara kebetulan. Dan hal itu saya juga terapkan di dalam artikel ini, saya lebih dulu memperlihatkan kepada anda yang mencari cara berhenti merokok dengan beberapa poin tentang kandungan zat berbahaya yang terdapat dalam rokok tembakau. Harapan saya anda sadar diri, kemudian akan lahir sebuah niat tulus anda untuk berhenti merokok.

2. Bertahap

Setelah niat sudah tulus, selanjutnya menjabarkan niat tersebut dalam tindakan nyata anda.

Apakah anda ingin berhenti merokok dengan cepat..?

Itu tindakan bodoh sama saja anda baru saja terbebas dari mulut singa kemudian masuk ke mulut buaya. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bagaimana akibat saya memakai metode instan. Kondisi tubuh yang di timbulkan sangat menyiksa, dan semua aktivitas jadi tidak terkendali.

Anda tentu ingin sebuah tips berhenti merokok yang bersahabat..!

Dari pengalaman saya dulu, saya tidak langsung menghentikan kebiasaan merokok secara total, tetapi dengan mengurangi pemakainya secara bertahap. Dan sayapun juga membuat rencana pengurangan dalam tempo 4 minggu. Di minggu pertama saya mengurangi pemakain rokok separo dari komsumsi rokok biasanya. Kemudian minggu selanjutnya saya kurangi separo lagi, begitu selanjutnya hingga minggu ke empat saya hanya menghisap 3 batang rokok dalam sehari. Akhirnya setelah pertengahan september kemarin, saya sudah terbiasa tidak merokok sama sekali sampai sekarang ini.

3. Camilan

Sebenarnya camilan yang saya maksud disini hanya mengkondisikan saja untuk mengalihkan kebiasaan merokok saya. Karena saya merasa ada sesuatu yang hilang pada mulut ini di waktu waktu biasanya saya selalu merokok. Maka itulah seperti sehabis makan, saat itulah keinginan untuk merokok itu saya alihkan dengan mengunyah permen rasa mentol.

Alasan permen mentol saya ambil sebagai camilan karena rasanya yang segar di tenggorokan dan bisa tahan lama.

4. Hindari Minuman Berkafein

Biasanya pecandu rokok sangat suka dengan minuman Berkafein seperti kopi, ataupun minuman bersoda juga alkohol. Saya dulu mengenal rokok lantaran sering kumpul kumpul dengan teman sekolah untuk ngopi dan juga nyete (membatik rokok khas tulungagung)

Jadi saat anda memutuskan untuk merokok sebaiknya hindari minum kopi, minuman bersoda ataupun alkohol. Dan alternatif yang saya pilih untuk menggantikan kopi adalah dengan minum teh tubruk.




Itulah beberapa langkah bagaimana cara mudah berhenti merokok yang sudah saya lakukan. Karena berhenti merokok tidak saja membuat hidup anda sendiri lebih sehat, tetapi juga membuat orang orang di sekitar anda bebas dari polusi asap rokok yang sangat berbahaya. Selain itu Manfaat berhenti merokok juga berdampak pada pengeluaran rutin keluarga anda. jika biasanya anda membeli rokok 2 bungkus dalam sehari, sekarang uang tersebut bisa anda tabung untuk keperluan keluarga anda yang lainnya.

Silahkan berkomentar yang membangun sebuah diskusi. ..
No SPAM No SARA

Click to comment
 
close