6 Tips Peluang Usaha Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga


6 Tips Peluang Usaha Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga - Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti membuat seorang wanita hanya terpaku dengan segala rutinitas rumah tangga seperti memasak, mencuci, mengurusi anak dan lain lainya. Di era modern sekarang ini banyak sekali ibu rumah tangga yang sukses membuka usaha sendiri tanpa harus meninggalkan kodratnya sebagai seorang ibu untuk anak anaknya dan seorang istri yang berbakti kepada suaminya.

Jadi untuk anda para ibu rumah tangga khususnya mahmud (mama muda) jika anda memiliki banyak waktu luang, daripada terbuang sia sia tidak ada salahnya mencari kesibukan yang bisa sedikit membantu keuangan keluarga anda. Tentu hal ini sangatlah membantu beban para suami, apalagi sekarang ini kebutuhan hidup sangat mahal. Mana mungkin anda sebagai seorang istri hanya diam di rumah saja, doa saja tidak cukup untuk menatap masa depan keluarga anda.



Dan berikut ini 6 Tips Peluang Usaha Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa anda jadikan referensi usaha rumahan sambil mengurusi keluarga anda :

1. Membuat Toko Online di Media Sosial

Keberadaan media sosial bisa anda jadikan sebuah peluang usaha kreatif untuk membuat sebuah toko online. Karena banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dari membuat toko online di media sosial ini.

1. mudah menjangkau konsumen.

2. biaya promosi gratis.

3. area pasar yang luas.

Dan untuk produk produknya sendiri sebagai ibu rumah tangga tentu anda harus selektif menentukan produk tersebut. Beberapa contoh produk rekomended yang bisa anda tawarkan sebagai berikut :

1. Pakaian

2. Baju Bekas

3. Kosmetik

4. Sepatu dan Sandal

5. Aksesoris

6. Alat alat Rumah tangga

Kemudian untuk mempromosikan produk produk anda di media sosial anda bisa memakai beberapa akun media sosial seperti facebook, istagram, twiter maupun Youtube. Jadi dengan itu semua anda bisa menjalankan sebuah toko online sambil mengurusi keluarga anda dengan modal sebuah handphone saja.

2. Merintis Usaha Kuliner di Rumah

Usaha Kuliner sekarang ini menjadi sebuah usaha kreatif paling menjanjikan untuk para ibi ibu rumah tangga, selain memasak merupakan naluri kaum hawa, usaha ini bisa di kerjakan di rumah anda sendiri.

Adapun beberapa jenis kuliner yang bisa anda kerjakan itu variatif dan tergantung skill anda. Namun anda juga jangan terpaku pada satu produk saja yang notabene sudah pasaran. Usahakan menambah menu serta inovasi di setiap produk produk anda tersebut agar konsumen selalu penasaran. Maka itu anda harus sering mencari ide lewat media sosial ataupun membaca buku.

Sedangkan untuk pemasarannya anda juga harus cekatan baik itu lewat media sosial ataupun menitipkan di toko toko sekitar anda.

3. Membuat Usaha Kerajinan Tangan.

Usaha kerajinan tangan ini merupakan peluang usaha kreatif yang masih kurang di minati ibu ibu rumah tangga. Padahal jika di tekuni dengan serius usaha ini sangat menguntungkan dan omsetnya jutaan rupiah.

Adapun beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa anda coba sebagai berikut :

1. Aksesoris kecantikan.

2. Menjahit

3. Anyaman dari bambu

4. Merangkai bunga

Seperti juga usaha kuliner diatas, kesuksesan usaha kerajinan tangan sangat tergantung skill yang anda miliki. Pilihlah sebuah produk yang unik tapi terlihat istimewa yang masih langka di pasaran. Anda bisa memberi motif motif dalam setiap karya anda dengan sesuatu yang lagi booming. Hal ini menjadikan konsumen akan memburu produk produk anda tersebut.



4. Menjadi Agen Pulsa Seluler dan Token Listrik

Menjadi agen pulsa bisa jadi alternatif anda mengisi waktu luang, meski untungnya tidak terlalu besar tapi bisa jadi menggiurkan. Mungkin anda pernah mendengar bagaimana kondisi para penjual pulsa rumahan, untuk mendapat untung sepuluh ribu sehari sangat sulit.

Tapi itu dulu sebelum menkoninfo mengeluarkan kebijakan baru tentang registrasi ulang kartu seluler Jika biasanya banyak orang ogah beli pulsa dan lebih memilih membeli kartu perdana yang sudah terisi paket internet. Maka setelah bulan april kebijakan satu orang satu nomor seluler akan membawa berkah bagi anda jadi agen pulsa.

Apalagi kebutuhan internet itu bagi sebagian orang sudah ibarat sembako, berapapun harganya tetap akan di beli. Jadi mulai sekarang tak ada salahnya anda para ibu rumah tangga mengambil momentum tersebut dan menjadikan sebuah usaha kreatif yang bisa anda jalankan di rumah.

5. Mencoba Jadi Seorang Penulis.

Menjadi seorang penulis adalah usaha kreatif yang patut di coba oleh anda para ibu rumah tangga. Sebagai langkah awal anda bisa memanfaatkan media online sebagai tempat anda mempublikasikan tulisan anda tersebut. Ataupun anda bisa juga berkontribusi menjadi penulis tamu untuk sebuah blog. Meski untuk awalnya bayaran yang anda dapatkan tidak seberapa, namun ketika tulisan anda sudah banyak yang baca, otomatis banyak sekali penerbit yang akan menawarkan kontrak ekslusif kepada anda.

Dan buat anda berterimakasih pada alloh swt karena wanita di karunia sifat yang lemah lembut, hingga banyak tulisan para wanita jika di baca lebih real dan memiliki sebuah kekuatan yang dalam.

Sedang jenis tulisan yang bisa anda coba seperti menulis cerita pendek, novel, puisi atau juga hal hal yang berhubungan dengan aktivitas wanita.

6. Membuka Jasa Bimbingan Belajar di Rumah.

Usaha kreatif ini sangat cocok bagi ibu ibu rumah tangga yang memiliki anak berada di bangku sekolah. Karena sudah tentu banyak teman teman anak anda di sekolah sangat memerlukan tambahan pelajaran. Jadi usaha kreatif ini memiliki prospek yang bagus untuk di jalankan lebih serius. Mengingat sekarang ini banyak orang tua yang tidak punya waktu untuk menemani anaknya belajar.

Itulah beberapa tips peluang usaha kreatif yang bisa anda kerjakan di rumah tanpa menganggu kewajiban anda sebagai ibu rumah tangga. Semoga 6 Tips Peluang Usaha Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga bisa menjadi inspirator anda menjadi wanita yang sukses dunia akhirat...

8 komentar

avatar

Kalo sekarang banyakan yang toko online ya mas

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

mantap gan infonya.

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

ok lah akalau begitu.

avatar

wahh tips bisnis rumahhannya keren gan. thank you

avatar

kayaknya kalau untuk ibu2 yang punya anak masih kecil lebih cocok yang pertama aja. biar bisa mantau anak terus di rumah, produk yang dijual bisa apa aja seperti fashion, kosmetik,atau hijab juga bisa.

Silahkan berkomentar yang membangun sebuah diskusi. ..
No SPAM No SARA

Click to comment
 
close